KOMPONEN
EVALUASI
A. Tujuan
Mampu
mengidentifikasi dan menganalisis senyawa karbon dan turunannya serta
aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
B. Penggalan Silabus
Kompetensi
Inti :
KI
1 Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
1.1
Menyadari adanya keteraturan dalam senyawa karbon dan turunannya
sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan
tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet,
teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari.
2.2
Menunjukkanperilaku
kerjasama, santun, toleran,
cinta damai
dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.
.
3.7
Menganalisis
struktur,tata nama,sifat dan kegunaan senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil
Alkanoat,serta benzena dan turunannya)
4.7
Menalar
dan menganalisis struktur,
tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon asam alkanoat, alkil alkanoat,dan benzena serta turunannya).
|
·
Mampu
memahami keteraturan yang ada pada Senyawa Asam Alkanoat,Alkil
Alkanoat,serta benzena dan turunannya
·
Teliti dalam mengolah dan
menganalisis reaksi
identifikasi senyawa asam alkanoat,alkil alkanoat,serta
benzena dan turunannya
·
Mampu melakukan percobaan sederhana
pembuatan ester
·
Mampu menjelaskan senyawa karbon yang
ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya Alkohol,Aseton,dan Formalin dan pemanfaatannya
·
Mampu memberikan nama senyawa karbon
sesuai aturan IUPAC
·
Mampu memahami sifat fisik dan
karakteristik senyawa benzena dan turunannya serta penyebab kestabilan
benzena
·
Mampu menganalisis reaksi-reaksi
substitusi yang terjadi pada senyawa benzena yang meliputi
nitrasi,sulfonasi,halogenasi,dan alkilasi
·
Mampu
mengetahui kegunaan senyawa
karbon ( asam alkanoat, alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya dalam kehidupan (bidang
farmasi, industry)
|
Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan
identifikasi senyawa:
· Asam alkanoat
· Alkil alkanoat
Struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan
turunannya.
|
Mengamati
(Observing):
· Menggali informasi dengan
cara membaca/ melihat/ mengamati/
menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa
asam alkanoat dan alkil alkanoat
Menanya (Questioning)
· Mengajukan pertanyaan,asam
cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat
yang lain juga bisa?
· senyawa-senyawa ester apa
saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengumpulkan
data (Experimenting)
· Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
· Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
· Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari
literatur.
· Merancang, kemudian
melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat
·
Mengumpulkan
data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil
alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi
(Associating)
· Menghubungkan rumus
molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
·
Menghubungkan
rumus struktur senyawa dengan sifat
kimianya
Mengkomunikasikan
(Communicating)
·
Mengkomunikasikan secara tertulis (membuat laporan tertulis) atau lisan tentang hasil percobaan
pembuatan ester.
·
Menyampaikan
secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat
yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati
(Observing):
· Mencari informasi dengan cara membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak
tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
Menanya
(Questioning)
· Mengapa TNT dapat digunakan
sebagai bahan peledak
Mengumpulkan
data (Experimenting)
· Mendiskusikan rumus
struktur dan isomer senyawa benzen dan turunannya
· Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa benzen dan turunannya
· Mengumpulkan data sifat
fisis dan sifat kimia senyawa benzen
dan turunannya (penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi
meliputi: nitrasi, sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll) dari literatur.
· Mendiskusikan kegunaan
benzen dan turunannya
Mengasosiasi
(Associating)
· Menghubungkan rumus struktur senyawa dengan sifat kimianya.
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan secara
tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan turunannya yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
C. Kisi – kisi soal
No
|
Aspek yang diamati
|
Indikator
|
Jenjang
|
No soal
|
Skor
|
1.
|
Menyadari adanya keteraturan dalam , sebagai wujud kebesaran
Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran
kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentative
|
· Mampu memahami keteraturan yang ada pada Senyawa Asam Alkanoat,Alkil
Alkanoat,serta benzena dan turunannya
|
C1,C1
Pilihan
ganda
C1
Essay
|
1,2
1
|
1,1
3
|
2.
|
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin
tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini,
ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis,
komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang
diwujudkan dalam sikap sehari-hari
|
· Teliti dalam
mengolah reaksi identifikasi senyawa asam alkanoat,alkil
alkanoat,serta benzena dan turunannya
· Teliti dalam
menganalisis reaksi identifikasi
senyawa
asam alkanoat,alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya
· Mampu
melakukan percobaan sederhana pembuatan ester
|
C4
Pilihan
ganda
C4,C1
Pilihan
ganda
C1
Essay
C5
, C3
Pilihan
ganda
C3
Essay
P3
|
4
5,6
3
13,15
4
|
4
4,1
2
6,3
4
|
3.
|
Menunjukkan
perilaku kerjasama,santun,toleran,cinta damai dan peduli lingkungan serta
hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam
|
· Mampu
menjelaskan senyawa karbon yang ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya Asam
cuka dan essense dan pemanfaatannya
|
C2,C1
Pilihan
ganda
|
3,8
|
2,1
|
4.
|
Menganalisis
struktur,tata nama,sifat dan kegunaan senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil
Alkanoat,serta benzena dan turunannya)
|
· Mampu
memberikan nama senyawa karbon sesuai aturan IUPAC
· Mampu memahami
sifat fisik dan karakteristik senyawa benzena dan turunannya serta penyebab
kestabilan benzena
· Mampu
menganalisis reaksi-reaksi substitusi yang terjadi pada senyawa benzena yang
meliputi nitrasi,sulfonasi,halogenasi,dan alkilasi
|
C4,C1
Pilihan
ganda
C3
Essay
C1,C2
Pilihan
ganda
C2,C2
Pilihan
ganda
|
11,12
5
10,16
7,17
|
3,2
7
1,2
2
|
5.
|
Menalar dan menganalisis struktur,tata nama,sifat dan kegunaan
senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta Benzena dan turunannya)
|
· Mampu mengetahui kegunaan senyawa karbon ( asam alkanoat, alkil
alkanoat,serta benzena dan turunannya dalam kehidupan (bidang farmasi,
industri)
|
C2,C1
Pilihan
ganda
Essay
C2
|
14,9
2
|
2,1
5
|
|
Skor
total pilihan ganda
|
36
|
|||
|
Skor
total Essay
|
21
|
|||
|
nilai
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar