Jumat, 05 Desember 2014

Komponen Evaluasi - Senyawa Karbon



KOMPONEN EVALUASI
A.    Tujuan
Mampu mengidentifikasi dan menganalisis senyawa karbon dan turunannya serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari
B.     Penggalan Silabus

Kompetensi Inti          :

KI 1     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
KI 3     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
Pembelajaran
1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam senyawa karbon dan turunannya sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.



2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari.

2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam.



.
3.7 Menganalisis struktur,tata nama,sifat dan kegunaan senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta benzena dan turunannya)







4.7      Menalar dan menganalisis struktur,  tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon  asam alkanoat, alkil alkanoat,dan benzena serta turunannya).

·  Mampu memahami keteraturan yang ada pada Senyawa Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta benzena dan turunannya




·  Teliti dalam mengolah dan menganalisis reaksi identifikasi senyawa asam alkanoat,alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya
·  Mampu melakukan percobaan sederhana pembuatan ester



·  Mampu menjelaskan senyawa karbon yang ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya Alkohol,Aseton,dan Formalin dan pemanfaatannya




·  Mampu memberikan nama senyawa karbon sesuai aturan IUPAC
·  Mampu memahami sifat fisik dan karakteristik senyawa benzena dan turunannya serta penyebab kestabilan benzena
·  Mampu menganalisis reaksi-reaksi substitusi yang terjadi pada senyawa benzena yang meliputi nitrasi,sulfonasi,halogenasi,dan alkilasi


·  Mampu mengetahui kegunaan senyawa karbon ( asam alkanoat, alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya dalam kehidupan (bidang farmasi,  industry)
Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa:
·  Asam alkanoat
·  Alkil alkanoat

Struktur, tatanama, sifat dan kegunaan benzen dan turunannya.
Mengamati (Observing): 
·      Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat

Menanya (Questioning)
·      Mengajukan pertanyaan,asam cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat yang lain juga bisa?
·      senyawa-senyawa ester apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengumpulkan data (Experimenting)
·    Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·    Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat.
·    Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari literatur.
·   Merancang, kemudian melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat
·   Mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengasosiasi (Associating)
·      Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).
·      Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya
Mengkomunikasikan (Communicating)
·     Mengkomunikasikan  secara tertulis (membuat  laporan tertulis)  atau lisan tentang hasil percobaan pembuatan ester.
·      Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati (Observing): 
·   Mencari  informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang struktur, tatanama, sifat dan kegunaan   benzen dan turunannya.

Menanya (Questioning)
·    Mengapa TNT dapat digunakan sebagai bahan peledak

Mengumpulkan data (Experimenting)
·    Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa benzen dan turunannya
·    Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa benzen dan turunannya
·   Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa benzen  dan turunannya (penyebab kestabilan benzen, reaksi-reaksi substitusi meliputi: nitrasi, sulfonasi, halogenasi, dan alkilasi dll)  dari literatur.
·   Mendiskusikan kegunaan benzen dan turunannya

Mengasosiasi (Associating)
·    Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya.

Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa benzen dan turunannya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.



C.    Kisi – kisi soal
No
Aspek yang diamati
Indikator
Jenjang
No soal
Skor
1.
Menyadari adanya keteraturan dalam , sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentative
·      Mampu memahami keteraturan yang ada pada Senyawa Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta benzena dan turunannya

C1,C1
Pilihan ganda

C1 Essay
1,2



1
1,1



3
2.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin, jujur, objektif, terbuka, mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari

·      Teliti dalam mengolah reaksi identifikasi senyawa asam alkanoat,alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya






·      Teliti dalam menganalisis reaksi identifikasi senyawa asam alkanoat,alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya


·  Mampu melakukan percobaan sederhana pembuatan ester



C4
Pilihan ganda

C4,C1
Pilihan ganda

C1 Essay


C5 , C3
Pilihan ganda

C3 Essay

P3
4



5,6

3


13,15


4
4



4,1

2


6,3


4
3.
Menunjukkan perilaku kerjasama,santun,toleran,cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam

·      Mampu menjelaskan senyawa karbon yang ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya Asam cuka dan essense dan pemanfaatannya
C2,C1
Pilihan ganda
3,8
2,1
4.
Menganalisis struktur,tata nama,sifat dan kegunaan senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta benzena dan turunannya)

· Mampu memberikan nama senyawa karbon sesuai aturan IUPAC




· Mampu memahami sifat fisik dan karakteristik senyawa benzena dan turunannya serta penyebab kestabilan benzena


· Mampu menganalisis reaksi-reaksi substitusi yang terjadi pada senyawa benzena yang meliputi nitrasi,sulfonasi,halogenasi,dan alkilasi

C4,C1
Pilihan ganda

C3 Essay


C1,C2

Pilihan ganda


C2,C2
Pilihan ganda
11,12


5


10,16





7,17

3,2


7


1,2





2
5.
Menalar dan menganalisis struktur,tata nama,sifat dan kegunaan senyawa karbon (Asam Alkanoat,Alkil Alkanoat,serta Benzena dan turunannya)

· Mampu mengetahui kegunaan senyawa karbon ( asam alkanoat, alkil alkanoat,serta benzena dan turunannya dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)


C2,C1
Pilihan ganda

Essay C2
14,9


2
2,1


5

Skor total pilihan ganda
36

Skor total Essay
21

nilai


Tidak ada komentar:

Posting Komentar